Makalah Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah

Secara etimologi, karakter berasal dari bahasa latin character, yanng berarti watak, tabiat, sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti, kepribadian dan akhlak


BAB I

Pendahuluan

Bab ini menjelaskan tentang gambaran pendidikan karakter latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan.





BAB II

Pendidikan Karakter

Bab ini menjelaskan tentang pengertian pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, landasan pedagogis pendidikan karakter, prinsip dan pendekatan pendidikan karakter, dasar pembentukan karakter, problem mendidik karakter positif pada anak dan indikator keberhasilan program pendidikan karakter.





BAB III

Implementasi Pendidikan Karakter

Bab ini menjelaskan tentang strategi implementasi pendidikan karakter, langkah-langkah pendidikan karakter, tahap-tahap pembentukan karakter, menyeimbangkan otak kiri dan kanan pada anak dan pembentukan karakter melalui pembudayaan.





BAB IV

Nilai dan Etika dalam Pendidikan

Bab ini menjelaskan tentang pengertian nilai dan etika, tujuan nilai dan etika, sejarah perkembangan nilai dan etika, pembelajaran nilai dan etika, pembentukan nilai dan etika di sekolah, cara mengajarkan nilai dan etika di sekolah dasar.





BAB V

Pendekatan Pendidikan Karakter

Bab ini menjelaskan tentang pendekatan evokasi/ekspresi spontan (evocation approach), pendekatan enkulkasi nilai (the values enculcation approach), pendekatan kesadaran (awareness approach), pendekatan pertimbangan moral (moral reasoning approach), pendekatan analisis nilai (values analysis approach), pendekatan klarifikasi nilai (value clarification approach), pendekatan mengintegrasikan diri (union approach), pendekatan bangunan rasional (the rationale building approach), pendekatan pembelajaran aksi (the action learning approach).





BAB VI

Faktor Pendukung dan Penghambat Pendidikan Karakter

Bab ini menjelaskan tentang faktor dan penghambat dari beberapa ahli, internal dan eksternal.





BAB VII

Pendidikan Holistik Berkarakter

Bab ini menjelaskan tentang pengertian pendidikan holistik, pendidikan karakter secara holistik, kurikulum terintegrasi (integrated curriculum), contextual teaching learning (CTL).




Vandi ID Blogger Indonesia yang tampan dari Dunia Pendidikan

Belum ada Komentar untuk "Makalah Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel